Hari ini dua tahun yang lalu

Agustus 2, 2008 pukul 4:21 pm | Ditulis dalam bebas, cerpen, cinta, curhat | 39 Komentar
Tag: ,

Sebuah cerita pendek tentang perjalan panjang seorang anak manusia yang ingin mengenal dunia dan dikenal oleh dunia. Semoga bermanfaat

Hari ini tepat dua tahun sudah aku mengerti betapa susahnya mencari uang itu, apalagi aku hanya tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan Listrik Instalasi, sebenarnya ada tawaran untuk bekerja di Biro Instalasi, namun karena merasa g’ sanggup dan berat nya pekerjaan aku tolak, rencana awal yang pengen kuliah di Perguruan Tinggi Negeri pun g’ terlaksana. Berawal dari sakitnya ayahanda tercinta yang harus di operasi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tawaran pmdk pun aku tolak. Penolakan yang sangat di sayangkan oleh wali kelasku waktu itu, karena saat itu nilai ku sangat bagus dah berpeluang untuk dapat pmdk di ptn hanya dengan membayar formulir sebesar Rp 115.000. Sampai akhirnya akupun lulus tampa tujuan yang jelas. Disaat teman²ku sibuk dengan SPMB aku hanya menatap kosong langit biru, seandainya kuliah rasanya uang dari orang tuaku pun g’ cukup.

Dengan membawa ijazah smk akupun pulang kampung ke Dharmasraya sebuah kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Sawahlunto Sinjungjung, tepatnya di perbatasan sumbar – jambi, sesampai di rumah akupun disambut dengan gembira oleh ayah dan ibu, soalnya meraka sudah 3 tahun sangat jarang melihat wajah ceria ku, yupp karena aku sekolah di bukittinggi dan tinggal bersama kakak perempuanku yang sangat baik dan sabar. Ayah dan ibu menanyakan apa tujuanku selanjutnya, aku hanya terdiam hampa, mungkin menjadi petani kelapa sawit jawabku lirih, mereka hanya tertawa.. suasana hatiku saat itupun g’ menentu, terbayang wajah ceria teman²ku yang bersuka cita lulus dan segera masuk ke PTN / PTS, ah sudahlah mungkin belum waktunya aku bisa kuliah, namun seketika lamunanku buyar ketika ayahku berbicara, kamu g’ berencana kuliah nak, akupun kaget,, g’ usah lah yah, biayanya pasti mahal, masalah biaya jangan dipikirkan lah,, pasti ada jalannya nanti,, aku hanya diam,, kamu g’ mencari informasi tentang tata cara masuk ke Perguruan Tinggi, ada yah, tapi semua dah aku tolak, test spmb jadwalnya besok jawabku, kenapa g’ kamu ambil nak, ya saya males aja yah, tar saya takut kuliah g’ selesai putus di tengah kan sayang. Trus rencana ke depan gimana nak, aku masih terdiam,,

Sesaat akupun teringat akan selebaran yang dibagikan oleh beberapa orang ketika aku mengambil ijazah kemaren di sekolah, sebuah brosur tentang lembaga pendidikan dan pelatihan terpadu, akupun langsung mencarinya,, akhirnya ketemu juga di dalam tasku,, Ternyata brosurnya ada dua, dari Dynasty Komputer dan INGG, setelah aku baca baca akhirnya aku tertarik masuk ke Dynasty tersebut (Sebuah Lembaga Pendidikan Keterampilan Terpadu 1 Tahun) katanya setara D1, setelah berkonsultasi dengan ayahanda dan ibunda mereka pun setuju, g’ ada salahnyanya nak kamu mencoba di sana kan cuma satu tahun, lagian tar di bukittinggi kamu juga bisa nyari lowongan kerja apabila udah tamat daripada kamu di kampung tar malah susah.

Tak terasa waktupun berlalu dengan cepatnya, akhirnya sayapun menyelesaikan waktu satu tahun di Dynasty Komputer, Alhamdulillah lulus dengan predikat terbaik sesuatu yang g’ kebayang sebelumnya.. Sebelum acara pelantikan dan penyerahan ijazah dari dynasty seluruh mahasiswa yang dirasa cukup mampu di wajibkan untuk magang ke dunia usaha dan industri, wahhh saya senang banget karena nama saya masuk ke dalam daftar mahasiswa yang bakal ikut magang. Tepat tanggal 2 Agustus 2006 saya dan 2 teman saya di hantarkan ke tempat magang oleh guru pembimbing. Wahh deg²an banget, di anterin pake mobil kampus,, sesuai dengan jadwal saya akan magang selama 1 bulan, sebenarnya jadwal magang resminya baru dua minggu lagi, namun karena semua masalah adm nya dah selesai jadi bisa cepat. Sekitar 10 menit sampai juga di tempat magangnya “Toko Intan Komputer” sebuah toko komputer yang masuk 3 besar di bukittinggi, Toko yang mengelola banyak usaha tentunya, diatasnya lagi “CV Datarindo Infosara” Pemiliknya masih muda namanya IR Lizar Mustari, setelah serah terima, pembimbing dari kampus pun pergi, tinggal kami bertiga disana,, deg²an banget pas di tanya² ama bapak tuch,, Ok besok sudah bisa mulai magang disini, masuk jam 8.30 sampai jam 5.00 trus pake baju biasa aja yang penting rapi.. kalau g’ salah seperti itulah kata katanya. Dan kamipun dipersilahkan pulang.

Huhh malamnya g’ bisa tidur, apa ya kira kira kerjaan besok, ngerakit komputer masih belum pandai, Cuma bisa install doank, maintenance n trobleshoting apalagi,, ahh sudahlah dimana besok ajalah,,

Matahari pun bersinar dengan cerahnya, jam 8.00 pagi itu langsung pergi ke tempat magang, nunggu teman dulu, dia pun datang dan kami pergi bareng ke sana. Sesampai disana pemiliknya Bapak IR Lizar Mustari lagi baca koran, trus 2 orang karyawannya lagi beres² dan sibuk dengan kesibukan masing masing, kamipun di sambut dengan senyuman, saya Cuma duduk² aja di bangku di depan tokonya,, setelah setengah jam duduk akhirnya bapak itu siap membaca korannya. Oh ya bantu bapak ya,, gumamnya memecah keheningan,, baikpak jawab kami,, tolong masukin UPS itu ke mobil,, ya pak,, saya masukin bersua ama teman saya,, setelah selesai di ajak pergi ama bapaktu,, ikut bapak ya ke stasiun, disana bapak buka cabang satu,, ohh ya baik pak.. kami pun ikut,, g’ sampai 5 menit didalam mobil sampai juga disana, setelah ups nya diturunin kami bantu bantu disana, ternyata bapak tu mo buka warnet, lagi bikin boxnya trus lagi masang masang komputer dan banyak lagi, masih berantakan..

Oh ya ada yang bisa masang instalasi listri g’, lagi lagi suara bapaktu memecah heningnya suasana, ada pak, jawab ku,, dulu jurusan saya listrik di sekolah, oh kebetulan sekali, oh ya kamu pasang line satu lagu dengan mcb 10A ke atas, trus pasang upsnya ya!! Oke pak,, akhirnya ada juga kesibukan saya disini,, langsung masang instalasi, naik ke atas plafon pasang ini pasang itu, g’ kerasa dah jam 2 ajah,, waktunya istirahat dan sholat nich,, kebetulan memasang instalasinya juga dah selesai,, jam setengah 3 bapak itu datang lagi, sebelumnya pergi ntah kemana, maklumlah kesibukannya banyak, kamipun di tawari untuk beli nasi,, tampa nolak kami pun membelinya.. begitulah selama seminggu disana, beres beres sampai akhirnya warnetnya ready dan orang telkom memasang koneksi ADSL waktu itu, suasanya sangat rame waktu itu, sekitar 4 orang disana,, yang magang ada 3 trus satu orang familynya bapak itu yang bekerja disana,, dalam prosesnya tinggal bertiga kami disana, rekan saya di tarik ke toko satu,,

Tidak terasa waktu pun berlalu dengan cepat, besok waktu terakhir magang sesuai dengan jadwal kampus, rasa deg²an pun mulai hinggapi dada ini, seandainya diterima kerja ya alhamdulillah, kalau g’ apa yang akan saya lakukan lagi. Sorenya bapak itu datang ke warnet, oh ya jadwal magangnya dah abis yach,, kamu mo kuliah lagi g’?? atau ada kegiatan lain,, saya jawab g’ ada pak.. kalau begitu kamu disini aja dulu, pelantikannya kan masih seminggu lagi,.. baikpak jawabku,, saya malah makin bingung maksud bapak ini saya diterima kerja atau apa yach??? Ahh mungkin hanya sekedar basa basi pikirku.. setiap pagi sampai sore saya rutin ke warnet tersebut, tiap pagi kadang bapak tu ada disana!! Akhirnya penantian panjangku akan pekerjaan terjawab sudah, bapak itu menawariku kerja di warnet ini!!

Meskipun pekerjaan sebagai operator warnet sering di anggap sepele ama orang lain, namun bagiku ini merupakan suatu rahmat yang sangat berharga, disinilah aku tau betapa sulitnya mencari uang itu.. disinilah aku tau cape’ nya bekerja!! Semoga aja aku bisa betah disini.. karena dah g’ terasa sudah 2 tahun aku bekerja!! Dan apabila waktu itu masih ada dan kesempatan masih terbuka aku ingin kuliah lagi dengan uang ku sendiri aminn……

Tahukah anda siapa tokoh Aku dalam cerita pendek tersebut???

Moga saja harapan penulis akan pesan moral dalam cerpen itu bisa tersampaikan dengan baik..

39 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. pasti itu dikau ya sobat😀

    memang selayaknya ada pesan moral di balik cerita kita😀

    wahhh pertamax nich kang,,, hihihihi may be aku may be tidaqqqq😀

  2. Great… Great…

    😀 hehehe

  3. disitu ada kemauan disitu juga ada jalan!
    disini ada trendy yang suka makan!
    wekekekekek!

    ya ya ya,,, makan yukkk

  4. if there’s a will, there’s a way… tapi jangan disalahartikan yak… (menghalalkan segala cara) hihihi

    kaya nya saya pernah denger dehhh kalimat itu

  5. salut buat zoel.
    di saat anak-anak lain merasakan enaknya dibiayai orang tua, zoel malah berpikir untuk bisa mandiri.
    makanya jangan pernah berkecil hati.
    uni yakin zoel akan jadi orang hebat.

    amin uni,,,, mohon do’anya ya uni

  6. Saya sudah merasakannya jadi op skrg
    Huehehe
    Bda bngt ma joker
    Perlu tanggung jawab
    Hahahaha

    hwhehehehhe baru tau dia

  7. zoel itu kah kamu? saya sangat terharu. good job.
    teruslah semangat meraih cita-cita. bukan tidak mungkin Zoel bisa punya 100 cabang warnet milikmu sendiri di kotamu.

    amin,,,, ya seperti itulah kira kira

  8. ini sapa zoel? terharu gw……

    mo di kenalin g’ jo

  9. yang penting smangat ya… hue…he…

    yoi mass

  10. Seperti di sinetron2 yah… good2.. keep in smille

    hehehhehe tar sinetron nya juga keluar

  11. Jadi siapakah aku? Pertanyaan yang sungguh sulit dijawab sebenarnya.

  12. Waw cerita yang bagus. Eh, salam kenal ya…?

  13. Wah buka2an nih bang zoel. Terharu saya…
    Semua skenario hidup sudah dituliskan, kita hanya menjalankannya saja. Kata ustadz2, kuncinya adalah bersyukur biar nikmatnya ditambah terus. Mudah2an cita2nya tercapai, Zoel. Amiiin.
    If I think I can, yes I can!

  14. hmm… moga² semuanya yang dicita²kan.. impian-impiannya bisa terus berjalan dengan mulus yah zoel..🙂 gak ada yang gak mungkin kok.. kalo Tuhan dah berkehendak pasti ada ajah jalan yang ditunjukkan untuk kamu.. kata orang.. there are many ways to Rome..🙂 ayuuu semangat dan jangan lupa berdoma minta sama yang di atas sana😀

  15. duuuh itu masutnya berdoa.. hoho🙂

  16. Pekerjaan apapun tidak ada yang hina, asal halal. Yang hina justru mereka2 yang kaya raya dan sok kuasa namun semua itu didapat dari KORUPSI !!

  17. Kalau tawaran-tawaran itu datang ke aku mungkin gak bakal kutolak. sayang, soalnya kesempatan jarang datang 2 kali

  18. ayo-ayo kuliah lagi bareng aq…..heheheh aq juga nyari duit ambil sekolah koq…..
    slm kenal…

  19. Hidup adalah perjuangan zoel..
    Keep on moving..
    Karir pertama saya juga dulu seorang penjaga warnet sambil kuliah..
    Nice job at a nice place..

  20. Mmm, diangkat ke layar lebar boleh jg tuh,,
    😆

    tetap semangad !!

  21. Saya mengamini pendapat Mang Kumlod. Kita cuma menjalani skenarionya. Tapi percayalah, Yang Di Atas itu MahaAdil. Jadi berusahalah menggapai apa yang kamu cita-citakan Zoel. Kamu orang hebat, saya bisa lihat itu dari tulisanmu ini.

  22. gpp
    hidup itu penuh perjuangan….
    yang nggak berjuang ya, nggak hidup😀

  23. wah..
    itulah hidup..😀

  24. salam
    Semangat..there is a will there is a way..believe that Zoel!!!

  25. hidup itu sebuah dinamika, mas zoel. yang penting kita tetep semangat menjalaninya. oke?

  26. sukses terus yah zoel.. saya bangga sama kamu udah bisa menghasilkan uang buat diri sendiri…
    semoga kita selalu merasakan nikmatnya dunia di antara perjalanan hidup kita.

  27. doa dan perjuangan
    lho kok kayak judul pilem bang Haji Oma

  28. Saya suka baca yang beginian. Hidup memang perlu perjuangan, menadki dari satu tangga ke tangga berikutnya. Orang sukses adalah mereka yang mampu memaknai dan menambil hikmah pada setiap etape. Selamat berjuang.

  29. Zoel…
    sebuah perjuangan yang mantap…
    Saya salut dengan orang-orang pekerja keras seperti kamu..
    Semoga Allah SWT memberikan kemudahan, ya….!
    Amin

  30. org bodoh kalah ma org pinter, org pinter kalah ma org beruntung.
    salam kenal sukses selalu…

  31. yg namanya perjuangan itu ga akan sia2 zoel😀

  32. iyah iyah.. yg penting kita uda berusaha
    dan tetep bersyukur.

    moga sukses yah pak…😛

  33. […] 2008 oleh zoel chaniago Sebelumnya saya mo ucapin ma kasih dulu buat yang dah ngasi komentar di cerpen saya yang kemaren,, ternyata pengalaman dan cerita saya tersebut mendapat respon yang baik, saya jadi […]

  34. setiap perjuangan pasti ada hasilnya
    seburuk apapun hasilnya pasti akan membuahkan hasil seiring dengan doa orang tua kita

    yang namanya sukses pasti berawal dari yang sulit…..

  35. biasana seeh klu cerita pake tokoh “aku” ituh menceritakan tentang si penulis sendiri,begitu kt pelajaran b.indonesia doloe..:)

  36. pasti dirimu pasti dirimu!!!

    huhuhuhuhu

    perjuangan belum berakhir!!!😀

  37. tetep semangat boz…dulu aja waktu kuliah pengen banget jadi OP warnet, biar gratis akses internet.

  38. terharu .. sungguh..
    semoga perjuangan ini
    berbuah kesuksesan
    amieen

    slm kenal ya,
    Aji

  39. ituch km bukan qwuh klo quwh lebih pahit lg dalam menjalani keidupan qwuh ini klo qwuh ingat-ingat rasanya gak ad artinya hidup qwuh ini..
    dalam pergaulan teman dalam kluarga dan status.yang lebih penting lagi dalam study title.!!!!ud ah terlalu pahit tuch di ceritain semua
    YANG QUWH RASA HANYA PENYESALAN AKAN MASA LALU DAN KECEMASAN AKAN MASA DEPAN.!!!!…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: